Kamis, 28 Oktober 2010

PIS1009_30110010_Resume Input Dan Output Device

JURNAL 3
Resume Input Dan Output Device



Input Device adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data yang nantinya akan diolah. Selain untuk memasukkan data alat input juga untuk memasukkan program. Beberapa alat input juga memiliki fungsi ganda dimana selain sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat ouput biasa alat ini seperti ini diseut sebagai terminal yang dapat dihubungkan ke sistem komputer melalui kabel langsung atau lewat alat komunikasi(contoh : Modem, Ethernet, ATM, PDA, dan Kamera Digital).
Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung ialah input yang dimasukkan langsung di proses oleh alat pemroses(contoh : Keyboard, Mouse, Touchscreen, Scanner). Sedangkan alat input tidak langsung ialah harus melalui media tertentu sebelum suatu input di proses oleh alat pemroses(contoh : punched card/kartu plong).

Output Device adalah alat yang digunakan untuk menampilkan keluaran yang merupakan hasil pengolahan data. Bentuk yang di hasilkan dapat di golongkan menjadi 4 bentuk, yakni Tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk gambar atau grafik), suara, dan bentuk lain yang dapat di baca oleh mesin.

Peralatan Output Dapat Berupa :
  • Hard-copy Device, yaitu alat yang di gunaka untuk encetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
  • Soft-copy Device, yaitu alat yang di gunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa signal electronic.
  • Drive Device atau Drive, yaitu alat yang di gunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat di baca oleh mesin pada media seperti magnetic disc atau magntic tape (Alat ini juga berfungsi ganda , sebagai output device dan input device)


Beberapa contoh output Device yakni Printer dan Plotter, Monitor, Speaker
Printer yang pada umumnya ada 3 jenisn yaitu Dot Matrix, Inkjet, Laser Print, begitu juga dengan monitor, ouput device yang satu ini juga dapat di golongkan 3 jenis yaitu LCD, TFT, dan CRT.


Beberapa Gambar Output Device
INKJet

DOT Matrix

Tidak ada komentar:

Posting Komentar