Jumat, 05 November 2010

Apa yang dimaksud dengan Memory , Jenis-jenis Memory, Fungsi Memory, dan Bagaimana cara Perhitungan pada main Memory?

Memory adalah Perangkat Keras (Hardware) yang berfungsi mengolah data dan intruksi.Semakin besar memori yang di sediakan,semakin banyak data maupun intruksi yang dapat di olahnya.Memory berfungsi sebagai media penyimpanan data,Kecuali memory sekunder (harddisk),memory juga menyimpan instruksi komputer dari program yang sedang di jalankan.Ada beberapa jenis memory berdasarkan tingkat kecepatannya:
  1. Register
  2. cache memory
  3. main memory
  4. memory sekunder
Register berada pada processor atau dapat di katakan sebagai memory internal memory processor. Merupakan jenis memory yang paling cepat. Cache memory merupakan memory perantara untuk meningkatkan kecepatan komputer. Sedangkan Memory Sekunder lebih di tujukan pada penyimpanan data dalam jangka panjang contohnya Harddisk.

Main memory di sebut memory utama karena di gunakan sebagai ruang memory utama untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang berjalan. Setiap komputer memiliki RAM dalam ukuran tertentu. Semakin besar ukuran RAM, semakin banyak instruksi dan data yang dapat di simpan pada satu saat. Memory di ukur dalam satuan Byte. Processor mengambil data dan instruksi dari RAM, memproses nya dan menuliskan data baru kembali ke RAM dalam siklus yang berulang-ulang. Kegiatan pemindahan data antara processor dan RAM terjadi jutaan kali perDetik.

Berdasarkan cara penyimpanan data, RAM terbagi menajdi 2, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Static RAM dapat mempertahankan data di dalamnya tanpa perlu di segerakan secara berkala. Sedangkan Dynamic RAM (DRAM) peru di segarakansecara berkala untuk mempertahankan isinya. Penyegaran berkala tersebut membuat DRAM lebih lambat dari pada SRAM.

  1. ROM (Read Only Memory)
          ROM adalah memory yang hanya dapat di baca, tidak dapat di hapus dan sudah di isi oleh pabrik pembuat komputer (Tidak bisa di setting kembali). Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Perintah pada ROM sebagian akan di pindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain :
            * Perintah untuk membaca sistem operasi dari disk.
            * Perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di unit sistem.
            * Perintah untuk menampilkan pesan di layar.


Perkembangan ROM (REad Only Memory)
  • PROM (Programable ROM) Yaitu, ROM yang bisa kita program kebali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan, setelah itu tidak dapat lagi di program.
  • RPROM (Re-Programble ROM) merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai yang di inginkan.
  • EPROM (Erasable Program ROM) Merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
  • EEPROM (Electrically Erasable Program ROM) Perkambangn mutakhir dari ROM, dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak di gunakan saaat ini.

       2.   RAM (Random Acces Memory)
             RAM adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer di jalankan dan dapat di  acces secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah Mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang Anda miliki, semakin cepat lah komputer yang Anda miliki.
           Jenis Memory RAM :
  • EDORAM (Extended Data Out RAM)
  • SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
  • DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
  • RDRAM (Rombus Dynamic RAM)

Perkembangan RAM (Random Acces Memory)
  • RAM, Merupakan memory pertama di dunia yang di kembangkan oleh perusahaan intel pada tahun 1968.
  • DRAM,Dua tahun setelah itu IBM meluncurkan RAM juga pada tahun 1970 dan di beri label Dynamic Random Acces Memory.
  • FP RAM, (Fast Page Mode DRAM) atau di singkat dengan FPM DRAM di temukan sekitar tahun 1987 atau yang lebih sering di kenal dengan nama FPM. FPM ini memingkinkn transfer data yang lebih cepat pada baris (row) yang sama dari jenis memory sebelumnya. FPM berkerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan acces time sekitar 50ns. Selain itu FPM mampu mengolah transfer data (bandwitch) sebesar 188,71MB per Detiknya.
  • EDO RAM, Tahun 1995 di buatlah Extended Data Output Dynamic Random Acces Memory (EDO DRAM) yang merupakn penyempurnaan dari FPM, dia mempunyai kecepatan acces 50ns.
  • SDRAM PC66, Pada awal tahun 1996 hingga akhir 1997 Synchronous Dynamic Random Acces Memory (SDRAM). SDRAM ini kemudian lebih di kenal dengan PC66, karena bekerja pada frekuensi bus 66MHz, ini biasanya terdapat pada komputer pentium 2-3, dan dia memiliki sifat membutuhkan tenaga yang cukup besar.
  • SDRAM PC 100, Sama seperti SDRAM, SDRAM PC100 bekerja untuk komputer pentium 2 pada bus 100MHz. Karena bus sistem bekerja pada frekuensi 100MHz, sementara intel tetap menginginkan untuk menggunakan sistem memory SDRAM, maka dikembangkanlah memory SDRAM yang dapat bekerja pada frekuensi bus 100MHz.
  • DR RAM, Tahun 1999, Rambus membuat sistem memory yang di beri nama Direct Rambus Dynamic Acces Memory, mampu mengalirkan data sebesar 1,6GB per detiknya (1 GB=1000MHz).
  • RDRAM PC800, Pada tahun yang sama Rambus juga mengembangkan memory nya menjadi RDRAM PC800 dengan tegangan 2,5 volt.
  • SDRAM PC133, Memory ini di kembangkan pada tahun 1999, memory SDRAM belum lah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin di tingkatkan kemampuannya.Sesuai dengan namanya memory SDRAM PC133 ini bekerja pada bus ber-frekuensi 133MHz dengan acces time sebesar 7,5ns.
  • SDRAM PC150, Pada tahun 2000, SDRAM mulai di kembangkan dimana memory pada saat ini bisa di pergunakan pada frekuensi 150MHz.
  • DDR SDRAM, Di tahun yang sama tahun 2000, SDRAM di kuatkan hingga 2 x lipat. Jika pada SDRAM biasa hanya mampus menjalankan baris perintah atau instruksi sekali setiap satu-satuan waktu frekuensi bus, maka DDR SDRAM mampu menjalankan 2 instruksi sekalian dalam satuan waktu yang sama. Tekhnik yang di gunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi.
  • DDR RAM, Pada tahun yang sama Intel dan AMD bersaing dengan kuat dan ketat dalam meningkatkan performa kecepatan CPU. Namun menemui hambatan, karena ketika meningkatkan memory bus ke 133MHz kebutuhan memory (RAM) akan lebih besar.
  • DDR2 RAM, DDR2 adalah memory yang paling banyak beredar saat ini di pasaran, terbukti komputer ber-pentium 4 keatas banyak menggunakan jenis memory ini. Penggunaan ini banyak di pergunakan karena memory jenis ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 1,8 volt. Sehingga dapat menghemat performa listrik / tegangan yang masuk ke komputer, RAM jenis ini dikembangkan pada tahun 2005.
  • DDR3 RAM, pada tahun 2007 akhir Intel mengembangkan memory dengan label DDR3, dengan penggunaan daya listrik 1,5 volt membuat memory jenis ini lebih memukau, karena kecepatan membaca nya sangat cepat di bandung beberapa memory hasil evolusi RAM sebelumnya.


Perhitungan Pada Main Memory
KESIMPULAN

Jika di cermati, perkembangan memory mengarah pada peningkatan kemampuan memory dalam mengalirkan data baik dari dan ke processor maupun perangkat lain. Baik itu peningkatan acces time maupun lebar bandwidth memory.

Selain itu, peningkatan pada kapasitas memory juga berkembang. Jika dulu, dengan sistem 8088, memory 1MB dalam 1 keping memory sudah sangat mencukupi, kini bahkan beberapa perusahaan membuat kapasitas memory sebesar 2GB dalam 1 kepingnya.

Kegunaan RAM kini sangat dibutuhkan sekali oleh komputer dengan spesifikasi tinggi, untuk server website, seperti penggunaan RAM pada server situs website pondokiklan.com, dimana menggunakan memory sebanyak 4 keping dengan ukuran 1GB perkepingnya, jumlah ini akan terus bertambah seiring waktu, dimana kebutuhan akan acces ke server website tersebut makin di butuhkan ketika jumlah pengunjung meningkat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar